Ads 468x60px

Rabu, 18 Maret 2015

Java Part 5 - Mengenal UML


Nama/NIM : I Wayan Agus Kerta Nugraha / 1404505073
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT



Pengertian UML

Unified Modeling Language merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam bahasa pemograman yang berorientasi objek, saat ini UML akan mulai menjadi standar masa depan bagi industri pengembangan sistem/perangkat lunak yang berorientasi objek sebab pada dasarnya UML digunakan oleh banyak perusahaan raksasa seperti IBM, Microsoft, dan sebagainya.

Definisi UML
 
Unified Modeling Language merupakan metode pengembangan perangkat lunak (sistem informasi) dengan menggunakan metode grafis serta merupakan bahasa untuk visualisasi, spesifikasi, konstruksi serta dokumentasi.
Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa yang telah menjadi standard untuk visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan arti suatu sistem perangkat lunak.
Unified Modeling Language (UML) dapat didefinisikan sebagai sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak .
Unified Modeling Language (UML) merupakan standard modeling language yang terdiri dari kumpulan-kumpulan diagram, dikembangkan untuk membantu para pengembang sistem dan software agar bisa menyelesaikan tugas-tugas seperti :
  • Spesifikasi
  • Visualisasi
  • Desain arsitektur
  • Konstruksi
  • Simulasi dan testing
  • Dokumentasi


Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa “Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis Objek (OOP) (Object Oriented programming)”.

Use Case Diagram

Use case diagram digunakan untuk memodelkan bisnis proses berdasarkan perspektif pengguna sistem. Use case diagram terdiri atas diagram untuk use case dan actor. Actor merepresentasikan orang yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi.
Use case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh actor. Use case digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi dituliskan di dalamnya. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use case.

Pada Postingan Kali ini  saya akan membahas mengenai implementasi dari Use Case Diagram, dimana disini memilih study kasus yang digunakan adalah mengenai SIMAK, adapun tokoh/actornya adalah Admin, Dosen, dan Mahasiswa.


Menurut diagram Use Case diatas, dapat kita ada 8 buah aktifitas yang dapat dilakukan. Berikut saya jabarkan penjelasannya diagram diatas :
  1. Admin dapat melakukan semua aktifitas yang ada. Yang paling dasar, admin mendaftarkan dosen dan mahasiswa agar dapat login.
  2. Dosen dapan login dan memanipulasi segala jenis aktifitas yang berhubungan dengan nilai, tetapi tidak memiliki hak akses untuk melihat dan mencetak KRS dan KHS.
  3. Mahasiswa dapat login, dan dapat melihat nilai semua mata kuliah dan dapat mencetak KRS dan KHS.
Sekian pengenalan tentang UML. see you next tutorial... :D


0 komentar:

Posting Komentar